[Hi-Share: Langkah Cerdas Mengelola Stress]

Langkah Cerdas Mengelola Stress

Stres merupakan ketegangan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar (KBBI). Tidak semua stres adalah buruk karena dalam beberapa hal, manusia membutuhkan stres untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Stres terdiri dari dua jenis, yaitu stres yang sehat (eustress) dan tidak sehat (distress). Stres yang sehat adalah stres yang dihadapi dengan cara-cara yang positif, misalnya stres menyambut ujian mendorong kita untuk lebih serius belajar. Sedangkan stres yang tidak sehat adalah stres yang dihadapi dengan cara-cara yang negatif, misalnya stres akibat tidak bisa mengerjakan soal ujian menyebabkan individu mencontek jawaban teman.

Agar stres yang dihadapi dapat menjadi stres yang sehat, berikut ini adalah beberapa tips dalam mengelola stres:

  1. Kenali sumber atau penyebab stres
  2. Pilih strategi penyelesaian yang sesuai dengan sumber stres
    Strategi penyelesaian atau strategi koping terbagi menjadi dua (Lazarus 1991 dalam Puspitawati 2012), yaitu
    a. strategi yang berfokus pada masalah: mengatasi stres dengan menyelesaikan masalah yang menjadi sumber stres; dan
    b. strategi yang berfokus pada emosi: mengatasi stres dengan cara melakukan hal-hal yang dapat menurunkan emosi negatif
    Jika situasinya masih dapat dikontrol, lebih baik lakukan strategi yang berfokus pada masalah agar akar masalahnya dapat terselesaikan dan diharapkan tidak lagi memunculkan stres. Namun, jika situasinya tidak dapat kita kontrol sama sekali, bisa menggunakan strategi yang berfokus pada emosi.
  3. Latih keterampilan mengelola emosi
    Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa stres dikaitkan dengan emosi marah. Ketika stres memuncak dan individu siap memuntahkan kemarahan, cobalah untuk lakukan hal berikut:
    a. Stop (menunda kemarahan, misalnya dengan menarik nafas, pergi sejenak dari situasi yang menimbulkan kemarahan, atau berwudhu)
    b. Drop (melakukan hal-hal yang menenangkan untuk mengembalikan stabilitas emosi agar individu siap menyelesaikan masalah dengan lebih baik)
    c. Process (penyelesaian masalah utama)

Sumber:
Puspitawati H. 2012. Gender dan Keluarga. Bogor: PT IPB Press
http://www.finfebriani.wordpress.com

183 thoughts on “[Hi-Share: Langkah Cerdas Mengelola Stress]

  1. Pingback: Aygestin
  2. Pingback: pharmacy in canada
  3. Pingback: allergy
  4. Pingback: cialis from canada
  5. Pingback: viagra
  6. Pingback: best price
  7. Pingback: viagra not working
  8. Pingback: cialis 20 mg
  9. Pingback: research thesis
  10. propecia buy online usa [url=https://himshairloss.com]propecia 5 mg coupon[/url]
    best place to buy propecia online
    where to buy generic propecia uk proscar proscar

  11. I’ve learn several good stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting. I wonder how so much attempt you set to create such a fantastic informative site.

  12. Pingback: cialis soft tablet
  13. Pingback: buy 36 hour online
  14. Girls mostly like compliments (just replacing word comment because comments are more like tagging them with somthing stupid) about their qualities. Like if she is artist tell that she is really creative her arts expresses something.
    If she is good in sports tell her how strong she is and how she is breaking the stereotypes about women. Simply just compliment them about their characteristics not just about the appearence.
    카지노사이트

  15. In my experience, people in general appreciate genuine compliments to something either done differently in a positive sense or something they have worked on.
    For example, Bob notices Kate has done something differently with her hair which he likes. He comments on it, saying specifically what he likes about it and how it suits her finely. She appreciated it because it was genuine, brownie points for the detailed compliment – the detail is more impacting than a “You look good today Kate”.
    카지노사이트

Comments are closed.