Institut Pertanian Bogor (IPB) yang saat ini berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menata diri untuk senantiasa berorientasi pada mutu baik dalam bidang akademik, kerjasama, maupun pelayanan kepada masyarakat. Untuk mewujudkan visi dan misinya, IPB melakukan perubahan baik secara kelembagaan maupun dalam penyelenggaraan sistem pendidikan.

Berdasarkan keputusan Rektor IPB Nomor 112/K13/OT/2005 maka terbentuklah Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) di IPB, dan yang pertama di Indonesia, yang menaungi tiga departemen yaitu Departemen Gizi Masyarakat, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen dan Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Perubahan ini membawa pengaruh kepada perubahan struktur termasuk di dalamnya perubahan struktur lembaga kemahasiswaan, khususnya di bidang keprofesian ilmu keluarga dan konsumen. Pembentukan lembaga kemahasiswaan yang menghimpun keprofesian dalam bidang keluarga dirasa sangat penting sebagai wadah mahasiswa untuk dapat mengaktualisikan diri dan mengembangkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah keluarga dan konsumen di Indonesia.

Berangkat dari latar belakang di atas, pada tanggal 27 Agustus 2006 dibentuklah kepanitian yang terdiri dari perwakilan mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia yang bertugas mengumpulkan informasi terkait pembentukan kelembagaan, hingga akhirnya terbentuk Tim Formatur Kelembagaan himpunan keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen pada tanggal 17 November 2006 yang diketuai oleh Hidayat Syarifuddin (I24052734). Tim yang beranggotakan delapan orang inilah merupakan cikal bakal berdirinya himpunan keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen.

Terbentuknya Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) ditandai dengan pembubaran Tim Formatur Kelembagaan pada tanggal 26 Maret 2007 oleh Dekan Fakultas Ekologi Manusia dan terpilihnya Febi Damiko (I24052414) sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen yang pertama.

Share/Bookmark