Profil

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki andil besar dalam pembangunan suatu bangsa dan negara. Dalam era globalisasi, peran keluarga menjadi sangat menentukan dan strategis dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Keluarga menghadapi tantangan yang besar dalam memelihara eksistensi dan menjalankan fungsinya untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Dalam menjalankan fungsinya sebagi unit ekonomi, keluarga bertindak sebagai suatu unit produksi (produsen) sekaligus sebagai unit konsumsi (konsumen). Perilaku keluarga dalam upaya memaksimalkan kepuasaan tentunya tidak lepas dari aspek manajemen sumberdaya dan konsumen.

Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia sebagai penerus bangsa yang komitmen dan konsisten terhadap permasalahan bangsa dan negara, terutama dalam bidang keluarga dan konsumen dan juga sebagai pengemban amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi bertanggung jawab untuk turut serta dalam membentuk solusi permasalahan di atas. Pada tatanan ini sangat didasari akan arti pentingnya lembaga kemahasiswaan sebagai wadah yang menghimpun keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen demi mencapai kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Berangkat dari latar belakang di atas, terbentuklah Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) dan mengacu peraturan MPM KM IPB, maka peresmian pendirian HIMAIKO baru dapat dilaksakan tahun kedua pendirian. Namun hal ini tidak menyurutkan kepengurusan yang terbentuk untuk melaksanakan kegiatan- kegiatan sesuai dengan visi misi HIMAIKO.

Sejarah HIMAIKO

Institut Pertanian Bogor (IPB) yang saat ini berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menata diri untuk senantiasa berorientasi pada mutu baik dalam bidang akademik, kerjasama, maupun pelayanan kepada masyarakat. Untuk mewujudkan visi dan misinya, IPB melakukan perubahan baik secara kelembagaan maupun dalam penyelenggaraan sistem pendidikan.

Berdasarkan keputusan Rektor IPB Nomor 112/K13/OT/2005 maka terbentuklah Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) di IPB, dan yang pertama di Indonesia, yang menaungi tiga departemen yaitu Departemen Gizi Masyarakat, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen dan Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Perubahan ini membawa pengaruh kepada perubahan struktur termasuk di dalamnya perubahan struktur lembaga kemahasiswaan, khususnya di bidang keprofesian ilmu keluarga dan konsumen. Pembentukan lembaga kemahasiswaan yang menghimpun keprofesian dalam bidang keluarga dirasa sangat penting sebagai wadah mahasiswa untuk dapat mengaktualisikan diri dan mengembangkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah keluarga dan konsumen di Indonesia.

Berangkat dari latar belakang di atas, pada tanggal 27 Agustus 2006 dibentuklah kepanitian yang terdiri dari perwakilan mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia yang bertugas mengumpulkan informasi terkait pembentukan kelembagaan, hingga akhirnya terbentuk Tim Formatur Kelembagaan himpunan keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen pada tanggal 17 November 2006 yang diketuai oleh Hidayat Syarifuddin (I24052734). Tim yang beranggotakan delapan orang inilah merupakan cikal bakal berdirinya himpunan keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen.

Terbentuknya Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) ditandai dengan pembubaran Tim Formatur Kelembagaan pada tanggal 26 Maret 2007 oleh Dekan Fakultas Ekologi Manusia dan terpilihnya Febi Damiko (I24052414) sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen yang pertama.

VISI, MISI, TUJUAN HIMAIKO

Visi HIMAIKO

Sebagai lembaga mahasiswa yang mewadahi keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen demi mencapai kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Misi HIMAIKO

  1. Memberikan informasi kepada masyarakat terutama akan pentingnya keluarga dan pentingnya perlindungan konsumen.
  2. Memberikan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dan masyarakat di bidang keluarga dan konsumen.
  4. Mengembangkan kepribadian, keilmuan dan keprofesionalisan.
  5. Menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang terkait di bidang keluarga dan konsumen.

Tujuan HIMAIKO

  1. Mewadahi keprofesian mahasiswa dalam bidang keluarga dan konsumen.
  2. Mengembangkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah keluarga dan konsumen di Indonesia.
  3. Memperjuangkan aspirasi mahasiswa dan masyarakat Indonesia di bidang keluarga dan konsumen.
Share/Bookmark