Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki andil besar dalam pembangunan suatu bangsa dan negara. Dalam era globalisasi, peran keluarga menjadi sangat menentukan dan strategis dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Keluarga menghadapi tantangan yang besar dalam memelihara eksistensi dan menjalankan fungsinya untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Dalam menjalankan fungsinya sebagi unit ekonomi, keluarga bertindak sebagai suatu unit produksi (produsen) sekaligus sebagai unit konsumsi (konsumen). Perilaku keluarga dalam upaya memaksimalkan kepuasaan tentunya tidak lepas dari aspek manajemen sumberdaya dan konsumen.

Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia sebagai penerus bangsa yang komitmen dan konsisten terhadap permasalahan bangsa dan negara, terutama dalam bidang keluarga dan konsumen dan juga sebagai pengemban amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi bertanggung jawab untuk turut serta dalam membentuk solusi permasalahan di atas. Pada tatanan ini sangat didasari akan arti pentingnya lembaga kemahasiswaan sebagai wadah yang menghimpun keprofesian dalam bidang keluarga dan konsumen demi mencapai kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Berangkat dari latar belakang di atas, terbentuklah Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (HIMAIKO) dan mengacu peraturan MPM KM IPB, maka peresmian pendirian HIMAIKO baru dapat dilaksakan tahun kedua pendirian. Namun hal ini tidak menyurutkan kepengurusan yang terbentuk untuk melaksanakan kegiatan- kegiatan sesuai dengan visi misi HIMAIKO.

Share/Bookmark