[Hi-Share: Berani Komplain]

Posted on Posted in Hi-Share

1536293760411

Komplain merupakan bentuk ekspresi seseorang karena ketidakpuasan terhadap sesuatu. Komplain penting disampaikan agar konsumen mendapatkan hak yang seharusnya dia dapatkan. Akan tetapi, banyak konsumen yang menyampaikan komplain/keluhannya dengan cara yang salah. Sehingga menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menyampaikan komplain agar maksud dan tujuan dari komplain tersebut dapat tersampaikan dengan baik:

  1. Lakukan komplain segera
    Lakukan komplain ketika kejadian masih kamu ingat secara jelas. Sebaiknya lakukan komplain di hari yang sama, jika tidak memungkinkan kamu bisa melakukan komplain pada minggu atau bulan yang sama. Mengundur waktu agar mengakibatkan komplain menjadi lebih sulit.
  2. Sampaikan detail kejadian
    Tulis semua detail dan rincian kejadian yang dipermasalahkan. Tulis tanggal, berapa uang yang dikeluarkan, dan semua informasi yang bersangkutan dengan kejadian. Kamu bisa memulai komplain dengan pertanyaan, bukan penyataan yang menghakimi.
  3. Jelaskan masalah dan solusi yang diinginkan
    Masalah akan lebih cepat selesai jika ada penjelasan secara lengkap dan spesifik. Sampaikan apa yang kamu inginkan. Jika kamu menginginkan pengembalian uang, sampaikan dengan jelas berapa jumlah uang yang kamu inginkan. Jika masalahnya pelayanan dan kamu menginginkan penjelasan, sampaikan.
  4. Hindari menyampaikan komplain pada media sosial
    Media sosial memang tempat paling efektif untuk menyampaikan pendapat, karena lebih berpeluang mendapatkan tanggapan dengan cepat. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari melakukan komplain pada media sosial sebelum kamu mencoba menghubungi seseorang/produsen yang bersangkutan secara langsung. Jika sudah menghubungi tetapi tidak ada respon sama sekali, kamu boleh gunakan media sosial dengan cara menyampaikan komplain menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
  5. Sabar dalam menyampaikan komplain
    Kunci dari mendapatkan apa yang diinginkan dari situasi ini adalah membuat seseorang atau produsen yang menerima komplain bisa membantu mencarikan solusi yang menguntukan bagi konsumen. Jika tindakan kamu terlihat mengancam, kemungkinan mendapat apa yang kamu inginkan akan lebih kecil. Sampaikan komplain dengan baik dan sopan, kemudian ikuti setiap prosedur yang harus kamu lakukan.
Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *