[Press Release: Pelaksanaan in Class Lecture International Summer Course 2018 Hari Pertama]

Posted on Posted in Berita IKK

Penyelenggaraan 2nd International Summer Course Tahun 2018 memiliki tema yaitu “Household Gardening to Support Family Well-being”. Rangkaian kegiatan Summer Course diselenggarakan mulai tanggal 25 Agustus hingga 4 September 2018. Beberapa aktivitas dari kegiatan summer course ini terdiri atas in class lecture, survei di lapang, tinggal bersama keluarga petani, tugas mandiri, pembuatan poster dan social hour.

Pada 27 Agustus 2018 pagi, bertempat di ruang diskusi Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), peserta summer course melaksanakan kegiatan in class lecture hari pertama. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan sambutan oleh Ketua Departemen IKK Dr. Tin Herawati SP., M.Si yang menyambut para peserta dengan hangat dan mengharapkan seluruh peserta dapat melaksanakan pembelajaran sebaik mungkin dalam kegiatan summer course. Penerimaan simbolis dilakukan oleh ketua Departemen IKK dengan pengalungan name tag peserta dan penyerahan goodie bag yang berisi kaos, topi, hand book, dan alat tulis kepada empat perwakilan mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia, Seoul National University, Universitas Negeri Jakarta, dan Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan dilanjutkan dengan overview kegiatan summer course yang dipimpin oleh Sekretaris Departemen IKK Alfiasari SP., M.Si, overview diawali dengan pemutaran video kegiatan summer course tahun 2017 dan dilanjutkan dengan penjelasan gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan pada delapan hari ke depan. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan singkat panitia dan peserta satu per satu. Setelah pelaksanaan overview, dilanjutkan kegiatan in class lecture dengan tema “Lectures on Family Potrait in Indonesia” yang di sampaikan oleh ketua divisi Ilmu Keluarga Departemen IKK Dr. Herien Puspitawati, M.Sc., M.Sc. Materi yang disampaikan pada sesi pertama berisi tentang latar belakang Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan, pengertian keluarga dan rumah tangga, model dan sistem manajemen, data-data terkait keluarga petani, dan aktivitas keluarga petani dan peran gender. Materi disampaikan dengan jelas dan di dukung dengan foto-foto keadaan di Indonesia saat ini. Setelah pemaparan dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh pemateri dan peserta yan dipandu oleh MC dan diakhiri dengan penutupan dan pemberian kenang-kenangan kepada pemateri. Setelah sesi pertama berakhir, kemudian dilanjutkan sesi kedua oleh Dr. Ir. Bambang Sulistyanttara, MAgr yang merupakan dosen di Departemen Arsitektur Lanskap IPB, beliau menyampaikan materi dengan judul “Agroecology in West Java and The Utilization of Homeyard” isi materi yang disampaikan oleh pemateri kedua antara lain agroecology di Jawa Barat, karakteristik dari pekarangan, desain dari pekarangan, dan fungsi dari pekarangan. Pemberian materi mengunakan power point dan didukung oleh foto-foto dan desain menarik terkait pekarangan. Setelah pemaparan, dilanjutkan diskusi antara peserta dan pemateri, penutupan, dan pemberian kenang-kenangan untuk pemateri. Setelah in class lecture sesi kedua berakhir dilanjutkan istirahat, sholat dan makan siang selama satu jam.

Materi kegiatan in class lecture sesi ketiga berjudul “Introduction to Home Garden” disampaikan oleh Darda Efendi Ph.D yang merupakan dosen di Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB. Isi dari materi yang disampaikan pada materi sesi ketiga meliputi definisi dari home garden, fungsi dari home garden, profil home garden di Indonesia, sistem multi-layered, ekologi home garden, permasalahan-permasalahan dalam pengembangan home garden, efisiensi pemberian nutrisi, dan insetifikasi home garden. Penyampaian materi dilakukan dengan jelas dan diakhiri dengan diskusi bersama antara peserta dan pemateri, penutupan, dan pemberian kenang-kenangan untuk pemateri. Kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan sholat ashar, kemudian peserta melaksanakan kegiatan campus tour. Peserta berjalan dari Departemen IKK menuju area coin IPB, taman rektorat, dan sekitar area kampus sambil mengambil beberapa foto untuk dokumentasi. Kegiatan diakhiri dengan makan malam bersama dan peserta kembali ke kamar masing-masing untuk istirahat.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *