[Hi-Share: Perilaku Konsumen Zaman Now]

Posted on Posted in Hi-Share

1534405869826

Generasi zaman now atau biasa disebut dengan generasi Y adalah manusia yang lahir di era 2000an, memiliki sifat dinamis dengan gaya atraktif, dan sangat bergantung kepada teknologi dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat signifikan pada generasi ini. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai dan perilaku manusia, tidak terkecuali konsumen. Ketika membeli suatu barang, konsumen zaman now lebih berorientasi pada nilai (value oriented). Nilai-nilai itu diantaranya:

  • Nilai fungsional, yaitu barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  • Nilai moneter, yaitu kesesuaian antara harga dengan produk dan kemampuan beli konsumen.
  • Nilai emosional, yaitu kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
  • Nilai sosial, yaitu adanya pengaruh lingkungan dalam pembelian barang yang dilakukan konsumen.

Sekarang ini, konsumen lebih banyak melakukan pertimbangan dalam berbelanja. Konsumen biasanya menggunakan jejaring media sosial dalam menentukan dan mencari info maupun review suatu produk. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka. Pemasaran dilakukan dengan mengeluarkan biaya tertentu ataupun tidak menggunakan biaya sama sekali. Pemasaran menggunakan biaya dapat dilakukan dengan menyewa jasa endorser atau membentuk brand ambassador untuk mempromosikan produk. Sementara itu, pemasaran tidak mengeluarkan biaya dilakukan dengan menggunakan konsumen itu sendiri. Sadar ataupun tidak, hal ini sering dilakukan oleh konsumen.

Contohnya, ketika kita mengunjungi suatu cafe atau restaurant kemudian kita mengunggah gambar makanan yang kita pesan ke akun media sosial kita. Tidak hanya itu, kita juga menandai lokasi cafe atau restaurant bahkan menandai akun sosial media cafe atau restaurant itu pada foto yang kita unggah. Secara tidak langsung, kita telah membantu pemasaran dari tempat usaha tersebut dan tentu saja, hal itu sangat disukai oleh pelaku usaha karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan produk mereka. Oleh karena itu, sebagai konsumen kita perlu menyadari strategi pemasaran dari para pelaku usaha saat ini. Tidak salah jika kita merekomendasikan suatu produk kepada relasi kita. Tetapi, alangkah lebih baik jika kita memberikan rekomendasi seperti keunggulan produk ataupun pelayanannya dan bukan hanya sekedar mengikuti trend saat ini atau hanya memenuhi nilai emosional seperti gengsi. Bagaimanapun juga, kita perlu memerhatikan nilai-nilai lain seperti nilai fungsional, moneter, ataupun sosial.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *