[Makna Hari Keluarga Nasional 2018]

Posted on Posted in Berita IPB

1531459452066

Keluarga merupakan lingkungan pertama dam utama tempat terbentuknya keprbadian yang mewarnai manusia. Keluarga merupakan paranata social pertama dan utama untuk mengemban fungsi strategis dan membekali nilai – nilai bagi kehidupan manusia. Mengingat begitu pentingnya keluarga maka pemerintah menetapkan peringatan Hari Keluarga Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No.39 tahun 2014 yang diperingati setiap tanggal 29 Juni. Dan pada tahun ini telah merayakan Harganas ke 25 dan tahun ini peringatan Harganas diadakan di Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Pada peringatan Harganas ini BKKBN mengusung tema “Hari Keluarga : Hari Kita Semua” dengan membawa tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Plt Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo, mengatakan bahwa peringatan Harganas memiliki tujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja sama dan swasta tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga serta pembentukan karakter sejak dini untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Untuk itu BKKBN merangcang berbagai kegiatan peringatan Harganas dengan mencerminkan penerapan dari empat ketahana keluarga yang sudah dirancang sejak 2016 lalu. Empat pendekatan tersebut adalah :

  1. Keluarga berkumpul dimana keluarga bisa berkumpul bersama meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai, televisi, serta alat elektronik lainnya.
  2. Keluarga berinteraksi dimana semua anggota keluarga meluangkan waktu berkumpul dan sambil bercengkrama.
  3. Keluarga berdaya dimana keluarga yang mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki dan tidak bergantung pada pihak lain.
  4. Keluarga peduli dan berbagi dimana keluarga yang mampu dan lebih beruntung serta mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain.

Demikian beberapa makna dalam peringatan Harganas ke 25, diharapkan keluarga Indonesia dapat mengambil makna ini dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *