[Hi-Share: Screentime Guideline]

Posted on Posted in Hi-Share

1525494238434

Gadjet adalah teknologi masa kini yang dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Di era digital seperti sekarang, anak-anak sudah sangat mengenal gadjet. Bahkan anak usia di bawah lima tahun saja sudah mulai berinteraksi dengan gadjet.. Padahal pada usia 0-5 tahun merupakan periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak atau disebut sebagai golden age. Oleh karena itu, pada periode ini anak membutuhkan lingkungan yang mendukung untuk menstimulasi perkembanganya. Salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan gadjet dan mengajak anak untuk bermain secara langsung dan berinteraksi dengan lingkungannya.
Untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan gadjet pada anak, American Academy of Pediatric (AAP) sekarang ini telah mengeluarkan sebuah aturan penggunaan gadjet pada anak atau disebut dengan screentime guideline. Screentime guideline itu adalah waktu yang dihabiskan untuk berinterkasi dengan gadjet, tablet dan juga televeisi. Screentime Guideline ini berisi panduan seberapa lama anak sebaiknya berinteraksi dengan gadjet. Berikut adalah panduannya:

  1. Anak usia usia 0-1,5 tahun sebaiknya TIDAK sama sekali berinteraksi dengan gadjet
  2. Anak usia 1,5 – 2 tahun hanya boleh berinteraksi dengan gadjet apabila ada pendamping
  3. Anak usia 2-5 tahun sebaiknya tidak lebih dari satu jam
  4. Anak usia diatas 5 tahun tentukan batasan yang konsisten untuk pengguanaan gadjet.

Nah selain perlu memerhatikan batasan dari screentime guideline, kita juga dapat menerapkan tips berikut untuk menghindarkan anak menggunakan gadjet terlalu lama, yaitu:

  1. Mulailah berinteraksi dengan anak sejak dini dan sesering mungkin
  2. Berinteraksilah dengan mengenalkan objek
  3. Membaca dan merangkai cerita bersama anak
  4. Menemani anak bermain
  5. Berikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi lingkungan
  6. Pastikan penggunaan gadjet pada anak tidak menggantikan tidur yang cukup, aktivitas fisik, dan perilaku lain yang penting untuk kesehatan
  7. Tentukan waktu bebas gadjet bagi keluarga, bukan hanya anak. Isi waktu tersebut untuk kegiatan bersama seeprti makan malam atau piknik
  8. Terapkan komunikasi yang efektif dan positif dalam keluarga serta ajarkan anak saling menghargai dan toleransi, secara online atau offline.
    Jadi, mengenalkan gadjet pada anak itu boleh, tetapi tetap perhatikan batasan dan kesesuaian dengan usianya ya, dan pastikan konten yang diakses itu mendidik dan bermanfaat untuk anak.
Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *