[Hi-Share: Cara dan Manfaat Menjalin Komunikasi Efektif dengan Keluarga]

Posted on Posted in Hi-Share

1524669711288

Keluarga dapat berperan sebagai sahabat, tempat belajar, pendamping, dan pendukung hidup kita. Agar pendampingan dan dukungan keluarga selalu terasa dan berhasil memacu semangat kita sebagai mahasiswa, terutama mahasiswa yang hidup merantau, tentu dibutuhkan komunikasi yang terjalin dengan baik dalam keluarga. Berikut beberapa cara menjalin komunikasi dengan keluarga:

  1. Meluangkan waktu untuk saling mendengarkan
    Setiap orang pasti memiliki sesuatu untuk diceritakan setiap harinya. Cobalah untuk saling mendengarkan cerita anggota keluarga kita, baik bercerita tatap muka maupun melalui media, agar anggota keluarga tidak merasa sendirian komunikasi yang baik dapat terjalin.
  2. Menjaga komunikasi supaya tidak terputus
    Jangan biarkan jarak dan kesibukan memisahkanmu dengan keluarga. Sempatkan diri untuk bertemu atau sekedar menelpon keluargamu setiap hari.
  3. Menciptakan tradisi keluarga
    Keluarga umumnya mempunyai tradisi tersendiri, seperti makan bersama setiap minggu atau merayakan ulang tahun anggota keluarga. Pertahankan tradisi agar komunikasi tetap berjalan baik.
  4. Meluangkan waktu untuk liburan bersama
    Liburan dapat menjadi sarana mengakrabkan keluarga.
  5. Memanfaatkan kecanggihan teknologi
    Jarak antara kamu dengan keluarga dapat terputus dengan adanya teknologi. Manfaatkan teknologi agar komunikasimu tetap lancar dengan keluargamu.

Banyak manfaat yang didapat dari terjalinnya komunikasi efektif dalam keluarga, seperti dapat mencegah konflik keluarga karena sering berkomunikasi dan berdiskusi, dapat membangun kejujuran dalam diri anak, dan mencegah bullying pada anak. Untuk itu, ayo jalin komunikasi efektif dengan keluarga kita!

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *