[Hi-Share: Ada Apa dengan Konsumen?]

Posted on Posted in Hi-Share

Harkonas

Tahukah kamu, apa hak dan kewajiban konsumen yang harus dipenuhi? Seberapa penting sih memangnya terpenuhi atau tidaknya hak dan kewajiban konsumen? Penting banget teman-teman. Tahu tidak kenapa? Karena, ketidaktahuan kita akan hak dan kewajiban seringkali membuat kita menjadi pihak yang lemah dan dirugikan. Sehingga, masih banyak permasalahan sengketa konsumen yang belum dapat terselesaikan sampai saat ini, baik permasalahan yang dilaporkan ataupun tidak. Oleh karena itu, berdasarkan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012, ditetapkanlah tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional. Tujuannya agar semakin banyak pihak yang termotivasi untuk membangun konsumen cerdas dan pelaku usaha yang memiliki etika dalam menjalankan usahanya. Secara lebih detail, Hari Konsumen Nasional bertujuan:

  1. Sebagai upaya penguatan kesadaran secara masif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.
  2. Menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.
  3. Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
  4. Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.
  5. Mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen.
Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *