[Hi-Share: Pentingnya Kerjasama Bagi Anak Usia Dini]

Posted on Posted in Hi-Share

Hi-Share Pentingnya

Di era modern ini, banyak orang tua yang lebih menginginkan anaknya cerdas dalam membaca, menulis, dan menghitung sejak usia dini. Bahkan seorang pakar tumbuh kembang anak dari Universitas Airlangga, DR. Dr. Ahmad Suryawan SpA(K), menghimbau kepada para orang tua untuk tidak mengajarkan calistung sebelum sang anak masuk ke Sekolah Dasar (SD) atau saat usia pra sekolah. Mengajarkan anak membaca, menulis, dan menghitung sebelum usia sekolah dapat merusak tatanan otak anak yang artinya perilaku anak dapat menjadi tidak runtut dalam menyelesaikan suatu persoalan, sedangkan anak membutuhkan didikan yang beruntut tahap demi tahap. Hal ini bukan tidak boleh mengenalkan anak usia pra sekolah dengan calistung, pengenalan ini bisa dikemas dengan hal yang lebih menyenangkan   dan tidak menjadi evaluasi dari prestasi anak.

Sebenarnya, ada pendidikan yang lebih urgent untuk anak usia pra sekolah, yaitu pengenalan kerjasama pada anak. Pentingnya kerjasama bagi anak dapat melatih kepekaan anak, melatih kemampuan anak untuk berkomunikasi, melatih anak menjalin hubungan dan melatih anak untuk dapat menghargai orang lain. Anak usia dini juga perlu ditanamkan  sikap bekerja sama yang akan membawa dampak di kemudian hari. Taman Kanak-kanak (TK) menjadi lingkungan yang tepat bagi anak untuk menerima stimulus dari berbagai sumber, salah satunya adalah teman sebaya sebagai teman belajar. Hal ini membuktikan bahwa keberhasilan anak dalam belajar bukan semata-mata berasal dari guru saja melainkan juga dari teman sebaya. Dalam kegiatan belajar mengajar kerjasama dapat dilakukan antara anak dengan anak dan anak dengan guru. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa kegiatan proyek, diskusi, bermain bersama, dan kerja kelompok.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan yang dibutuhkan anak usia dini bukan soal kelancaran membaca, menulis, dan menghitung melainkan mengenalkan anak dengan kerjasama kelompok antar teman sebaya dapat menanamkan sikap dalam bertingkah laku yang akan dibawa anak di kemudian hari.

Sumber: https://www.islamkafah.com/orangtua-sebaiknya-tidak-ajarkan-calistung-dulu-pada-anak/

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *